Rabu, 25 Januari 2012

KURIKULUM PAI DAN BAHASA ARAB

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,  isi, dan bahan pengajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu



Kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Kurikulum berbasik kompetensi adalah kurikulum yang mengkondisikan setiap peserta didik agar memiliki pengetahuan , keterampilan, sikap dan nilai  yang diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak, karena itu proses penyampaikannya harus memperhatikan faktor-faktor tersebut.


Madrasah sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, pada dasarnya memiliki peran yang sama dengan lembaga pendidikan lainnya, bahkan fungsi dan peran madrasah disamping menyelenggarakan pendidikan pada umumnya, juga memberikan bekal keagamaan kepada siswa madrasah baik dari aspek aqidah, ibadah, muamalah dan lain sebagainya. itulah sebabnya madrasah juga disebut dengan pendidikan yang berciri khas Islam.


Ciri khas islam pada madrasah itu sesungguhnya hampir terlihat pada seluruh aspek kegiatan madrasah. salah satunya adalah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam


Di madrasah setidaknya ada empat mata pelajaran pendidikan agama yaitu Qur'an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan jumlah jam tatap muka selama satu minggu masing-masing mata pelajaran 2 jam, sehingga total keseluruhnnya adalah 8 jam.
selain itu untuk memudahkan siswa dalam mempelajaran, memahami dan memperaktikkan  ajaran Islam dengan baik dan benar, serta mampu pula mengembangkan ajaran Islam itu kepada masyarakat Islam lainnya, perlu dibekali dengan kemampuan berbahasa arab, karena sumber-sumber hukum Islam baik Al-quran maupun hadits menggunakan berbahasa arab. itu pula mengapa di madrasah juga diberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswanya untuk  mampu membaca al-quran dan berbahasa arab. 2 jam pelajaran per minggu. untuk lebih mengenal secara mendalam tentang kurikulum madrasah klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar