Minggu, 01 Januari 2012

Merancang materi bimbingan belajar UN SMA/MA agar lebih efektif

Mempelajari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 59 Tahun 2011 tentang  Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari satuan pendidikan dan penyelenggaraan ujian sekolah/madrasah dan ujian nasional,  pada bab II pasal 2  paling  tidak  ada  4 syarat  Peserta didik dinyatakan lulus, yaitu (a) . menyelesaikan seluruh program pembelajaran; (b). memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia,  kewarganegaraan dan kepribadian,  estetika, dan   jasmani, olah raga, dan kesehatan;  (c). lulus US/M untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan (d). lulus UN. 
Salah satu persyaratan  kelulusan siswa  yang selalu menjadi momok disebahagian satuan pendidikan adalah bagaimana peserta didiknya dapat  melewati ujian nasional dengan baik dan memuaskan.    
Berdasarkan Prosedur Operasional Standar Ujian nasional SMA/MA tahun Pelajaran 2011/2012, ujian nasional SMA/MA akan dilaksanakan dari tanggal 16 April 2012 s.d. 19 April 2012 yang akan datang. Ini artinya hanya tinggal kurang 3 bulan lagi waktu efektif yang tersedia bagi siswa dan guru persiapan diri menghadapi ujian dimaksud.
Seperti biasanya setiap sekolah/madrasah  dan setiap tahun dalam menghadapi ujian nasional selalu merancang sebuah kegiatan apa yang disebut “Bimbingan Belajar Ujian Nasional” di Sekolah/ Madrasahnya  masing-masing.  Untuk  ada beberapa tahapan yang selayaknya dilakukan oleh guru dan siswa dalam mempersiakan ujian nasional antara lain :
Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat buat para guru yang akan melakukan bimbingan belajar pada siswanya dalam rangka menghadapi UN tahun 2011/2012. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar