Kamis, 20 Desember 2012

MTsN BETARA ADAKAN WORKSHOP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU



Drs. H. Wakidi kepala MTsN Betara
bersama para wakil Kepala Madrasah
Jambi (Forum)>--- Bertempat di MTsN Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat selama dua hari pada tanggal 19-20 Desember 2012 yang lalu telah dilaksanakan kegiatan workshop peningkatan kompetensi guru se KKM MTsN Betara Kabupaten Tanjung Jabung barat Provinsi Jambi.

Kegiatan tersebut dibuka oleh kepala kantor kementerian agama kabupaten Tanjung Jabung barat provinsi Jambi yang diwakili oleh kepala seksi Madrasah dan Pendidikan Agama (mapenda ) Bapak Hasanuddin, S.Ag, M.Pd. dalam sambutannya mengrapakan kiranya kegiatan workshop ini dapat benar-benar dimanfaatkan oleh guru untuk menggali dan menimba informasi berbagai hal tentang standar konpetensi guru dan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam penyelenggaraan pendidikan.


Pada kesempatan itu kepala MTsN Betara Bapak Drs. H. Wakidi  menyampaikan  bahwa kegiatan workshop ini bertujuan untuk  memberikan pengalaman dan motivasi kepada para peserta workshop  agar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai guru dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu kegiatan workshop ini juga dimaksudkan untuk melatih peserta melakukan Penilaian Kinerja Guru (PK-Guru) sesuai dengan Peraturan Mendiknas no 35 tahun 2010.

Selain itu ketua panitia workshop bapak A. Dardiri, S.Pd.I dalam laporannya mengatakan  jumlah peserta seluruhnya lebih kurang 45 orang utusan dari berbagai madrasah Tsanawiyah dalam lingkungan KKM MTsN Betara Kabapaten Tanjung jabung Barat. Tujuan kegiatan ini selain untuk membangun silaturrahmi dikalangan pendidik,  juga untuk meningkatkan kompetensi dan prestasi peserta , mudah-mudahan para guru  mampu menggali dan mengembangkan informasi yang didapatnya selama mengikuti kegiatan workshop ini.

Bertindak sebagai nara sumber pada kegiatan ini adalah bpk Hasanuddin, S.Ag, M,Pd (kasi mapenda kemenag kab Tanjung jabung Barat) dan Drs. H. Satria Bachman, M.Pd.I, Pengawas PAI SLTP/SLTA Kementerian Agama Kota Jambi.

Bapak Hasanuddin dalam ceramahnya tentang Pendidikan Karakter Bangsa, mengungkapkan bahwa pendidikan adalah upaya membimbing peserta didik tidak hanya pada aspek kognitif atau menyampaikan bahan ajar yang harus dikuasai peserta didik, akan tetapi yang lebih penting membentuk kepribadian peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia. Pada aspek ini kewajiban pendidik menanamkan karakter  akhlakul karimah kepada peserta didik.

Sementara itu  bapak Drs. H. Satria Bachman, M.Pd.I  pada kegiatan workshop tersebut  menyampaikan beberapa  materi, antara lain  tentang  Penilaian Kinerja Guru (PK-Guru), Penilaian Angka Kredit Guru, Beban kerja guru dan informasi tentang pengembangan kurikulum 2013.  

Menurut  pengamatan kami  menyaksikan kegitan  workshop ini terlihat semua peserta sangat antusias mengikuti kegitan tersebut, hal ini menurut salah seorang peserta dikernakan pada peserta baru kali ini mengikuti kegiatan seperti ini di MTsN Betara. Mereka juga  berharap kiranya kegiatan ini dapat diprogramkan lagi ditahun-tahun yang akan datang.

Berikut  galeri kegiatan workshop tersebut :





1 komentar:

  1. perlu sering dilakukan workshop seperti ini,, majukan terus kualitas pendidikamn di Indonesia..

    Zainul Mufidah FIAI

    BalasHapus