Jumat, 21 Desember 2012

MAS AL-KHAIRIYAH TELUK NILAU PERSIAPKAN GURU YANG BERWAWASAN LUAS DAN BERKINERJA BAIK

Drs. Jasman,
Kepala MA Al-Khairiyah Teluk Nilau
Jambi (forum)>---Menyongsong akan diberlakukannya penilaian kinerja guru (PK-G) bagi guru-guru sekolah/madrasah tanggal 1 Januari 2013 sesuai dengan Permendiknas no 35 tahun 2010, sekaligus untuk mempersiapkan guru menghadapi PK-G tersebut, Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Teluk Nilau Kecamatan Pengabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada tanggal 22 Desember 2012 mengadakan Orientasi peningkatan wawasan dan konerja guru yang diikuti oleh seluruh guru MA Al-Khairiyah.
Kepala Madrasah Aliyah Al-Khairiyah bapak Drs. Jasman,  menjelaskan bahwa dilaksanakannya kegiatan orientasi ini adalah untuk mempersiapkan guru dalam menghadapi pelaksanaan PK-G yang akan dilaksankan pada Januari 2013. Selain itu kegiatan orientasi ini bertujuan untuk menambah wawasan guru dalam bidang pendidikan. Beliau juga mengungkapkan kendatipun madrasah aliyah ini berada lebih kurang 40 km dari ibukota kabupaten Tanjabbar, kita berharap seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan memiliki pengalaman dan wawasan yang sama dengan guru-guru diperkotaan.

Pada kegiatan orientasi ini kepala MA Al-Khairiyah mengundang 3 nara sumber yaitu bpk Hasanuddin, S.Ag, M.Pd, Bpk Drs. H. Bachtiar, S.Pd dan Drs. H. Satria Bachman, M.Pd.I.
Hasanuddin selaku kasi Mapenda Kemenag Tanjabbar memberikian materi Administrasi dan Supervisi Pendidikan, menjelaskan bahwa administrasi pendidikan amat sangat penting terutama dalam mempersiapkan tata kelola dan kegiatan di madrasah agar terprogram dgn baik, sementara supervisi sebagai dapat dijadikan sebagai upaya madrasah melakukan review atau evaluasi diri terhadap aktivitas dan kreatifitas yang telah dilaksanakan.
Selain itu H. Bachtiar kepala MAN 2 Kuala Tungkal yang  memperoleh juara 2 tingkat nasional lomba kepala madrasah aliyah berprestasi tahun 2012, menjelaskan tentang bagaimana seharusnya guru memberikan pendidikan tentang Life skill sebagai bagian dari pendidikan kecakapan hidup yang amat diperlukan bagi pesersta didik buat modal mereka dalam menghadapi kehidupan mereka di masa datang.
Yang tidak kalah pentingnya pada kegiatan orientasi tersebut juga dilakukan bimbingan kepada guru tentang tugas dan fungsi guru madrasah, tentang penilaian kinerja guru (PK-G)dan bagaimana membuat Penilaian Tindakan Kelas (PTK) yang disampaikan oleh satria bachman.  Berikut beberapa galery kegiatan dimaksud :

Ruang Belajar

Kantor MA al=Khairiyah
Peserta Orientasi

Peserta Orientasi
Peserta Orientasi

Kepala MA Membuka Kegiatan Orientasi
Para peserta Orientasi
Para Peserta Orientasi
Kepala MA Al-Khairiyah (Drs. Jasman M.Pd.I) 
Nara sumber Bpk. Hasananuddin, S.Ag, M.Pd
Nara Sumber Bpk Drs. H. Bachtiar, S.Pd
Kepala MA Al-Khairiyah
Suasana Kegiatan Orientasi 
Peserta orientasi 
Ramah-tamah 
Nara Sumber Drs. H. Satria Bachman, M.Pd.I 
Ramah-tamah






Tidak ada komentar:

Posting Komentar