Minggu, 08 Januari 2012

TUJUH TUGAS UTAMA GURU

Ketentuan  tentang guru mengamanatkan bahwa paling tidak tugas utama guru sebagai guru professional ada  7 macam,  yaitu  :

Pertama,  guru sebagai pendidik. 
Ingat  apa yang terlihat, terdengar dan terasa oleh siswa dari guru  harus berfungsi sebagai teladan yang akan ditiru dan diamalkan oleh siswa, karena itu beri teladan baik buat siswa dalam segala kesempatan
Kedua, guru sebagai pengajar. 
Pada posisi ini guru harus menjadikan dirinya sebagai seorang  professional dan memiliki kompetensi  sesuai dengan mata Pelajaran yang diajarkan, karena bagaimana mungkin dapat melahirkan siswa yang memiliki kompetensi kalau guru immpotensi
Ketiga, guru sebagai pembimbing. 
Pada posisi ini seyogianya guru berada dibarisan depan untuk membimbing siswa kearah tujuan yang diharapkan. Karena itu guru harus pro aktif dalam memahami kondisi dan potensi yang dimiliki siswa.
Keempat, guru sebagai pengarah. 
Arahkan siswa untuk dapat mengembangkan seluruh potensi dan kretifitas siswa kepada tujuan pembelajaran, rangsang siswa untuk mampu merespon dan melakukan sendiri apa yang seharusnya mereka lakukan.
Kelima, guru sebagai pelatih. 
Pada posisi ini guru harus mampu memberikan latihan secara secara terukur dan terus menerus agar apa yang menjadi target pembelajaran tercapai
Keenam, guru sebagai penilai
Menilai siswa berarti sebuah upaya untuk mengetahui apakah proses pembelajaran yang sudah dilakukan telah dilakukan secara efektif, karena itu lakukan kegiatan penilaian ini secara teratur dan terukur.
Ketujuh, guru melakukan evaluasi kegiatan pebelajaran.  
Itulah sebabnya seluruh rangkaian kegiatan proses pembelajaran harus dilakukan kajian dan analisis. Kalau nilai siswa sudah dianggap baik, tentu cari tahu apa sebabnya, demikian pula sebaliknya.
Untuk mengakomodir dan mewujudkan tugas-tugas utama guru tersebut,  ada beberapa langkah yang harus disiasati oleh guru yaitu :
1.   Buat perencaaan pembelajaran sesuai dengan tujuan 
2.   Lakukan proses pembelajaran aktif, reaktif, pro aktif dan efektif.
3.   Evaluasi hasil pembelajaran secara teratur dan terukur
4.   Analisa respon dan jawaban siswa
5.   Lakukan perbaikan penyajian dan perencaan pembelajaran berikutnya.

Kata kuncinya  adalah  rencanakan, laksanakan, nilai, dan sempurnakan proses pembelajaran. Semoga guru dapat menyajikan yang terbaik buat siswa-siswanya, untuk mewujudkan siswa yang berprestasi.
By : satria bahman

5 komentar:

  1. Terima kasih, atas ilmunya.

    BalasHapus
  2. memiliki sifat kepedulian (concern) terhadap setiap perkara yang berkaitan dengan muridnya (every child matters)...
    Adalah perkara utama sebelum mngajar

    BalasHapus