Sabtu, 05 Januari 2013

WORKSHOP PK-GURU BAGI GURU PAI SD SE- KECAMATAN JAMBI TIMUR

Nara Sumber workshop
Drs. H. Satria Bachman, M.Pd.I
Jambi(forum)>--- Bertempat di SD Negeri no 13/IV Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi pada hari Sabtu tanggal 05 Januari 2013 yang lalu,  dilakukan kegiatan workshop Penilaian Kinerja Guru (PK-Guru) bagi guru-guru Agama Islam SD se- Kecamatan Jambi Selatan. Kegiatan ini di gagas oleh Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam SD kecamatan Jambi Timur dengan bimbingan Pengawas Pendidikan Agama Islam ibu Dra. Nurhayati M.Pd,I dan bapak Noprizal, S.Ag.
Pada kesempatan itu Ketua KKG PAI SD dalam pembukaan kegiatan mengatakan, bahwa kegiatan ini sudah direncanakan pada bulan Nopember 2012 yang lalu, dan karena pada bulan desember yang lalu sekolah disibukkan dengan kegiatan ulangan akhir semester dan libur, maka baru pada awal tahun 2013 ini dapat dilaksanakan.
Kegiatan workshop ini diawali dengan pertemuan bulanan KKG yang membahas antara lain rencana kerja KKG tahun 2013 serta pembentukan panitia kegiatan maulid nabi besar Muhammad SAW. yang dipandu oleh pengawas PAI SD se-kecamatan Jambi Timur ibu Dra. Nurhayati, M.Pd.I. Pada kesempatan itu pengawas PAI ini mengharapkan kiranya semua peserta workshop yang berjumlah lebih kurang 60 orang  dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.
Pelaksanaan workshop ini berlangsung dari pagi hingga pukul 16.00 wib dan dipandu oleh bapak Drs. H. Satria Bahman, M.Pd.I pengawas pendidikan agama Islam kantor Kementerian Agama Kota Jambi. Dan dalam bimbingannya beliau menjelaskan tentang prosedur dan teknis pelaksanaan PK-Guru serta hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan oleh guru dalam menghadapi PK-Guru. 
Berdasarkan Permendiknas nomor 35 tahun 2010 bahwa PK-Guru ini mulai diberlakukan pada tanggal 1 Januari 2013  Prosedur dan menaknisme PK-Guru antara lain dalam satu tahun akan dilaksanakan dua kali menilaian yaitu penilaian formatif dan penilaian sumatif.  Penilaian formatif dilakukan di awal tahun dan penilaian sumatif dilaksanakan pada akhir tahun. Penilaian Formatif  dimaksudkan untuk mengetahui kondisi dan kemampuan guru dalam mengimplementasikan empat kompetensi guru yang harus mereka kuasai, sehingga dengan penilaian formatif ini dapat dijadikan bahan masukan bagi sekolah dalam melakukan pembinaan kepada guru dalam kurun waktu satu tahun mendatang. Kemudian diakhir tahun akan dilakukan penilaian sumatif, yaitu penilaian kinerja guru sesunguhnya setelah dilakukan pembinaan selama tahun berjalan.
Berikut Galery kegitan workshop yang sempat diliput:

Suasana istirahat

Peserta workshop

Ibu Dra. Nurhayati, M.Pd.I
Pengawas PAI SD/MI
Peserta workshop

Peserta workshop

Peserta workshop

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar